TANGGAGAPAN KEPALA KANKEMENAG DAN KETUA MUI KAB. LUMAJANG SE MENTERI AGAMA NOMER 5 TAHUN 2022

  • Sabtu, 26 Februari 2022 - 22:18:28 WIB
  • Administrator
TANGGAGAPAN KEPALA KANKEMENAG DAN KETUA MUI KAB. LUMAJANG SE MENTERI AGAMA NOMER 5 TAHUN 2022

Lumajang(Humas) Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan Surat Edaran (SE) Menteri Agama no. 5 tahun 2022 tentang Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala resmi diterbitkan pada tanggal 21 Februari 2022 . Dalam SE tersebut diatur penggunaan pengeras suara atau micropone luar dan dalam saat pelaksanaan ibadah sholat. Hal tersebut memancing komentar masyarakat, ada yang berkomentar positif dan ada juga yang berkomentar negatif.

Kepala Kankemenag Lumajang Muhammad Muslim sesaat sebelelum memasuki gedung TP PKK untuk mengikuti dan menyasikan pelantikan dan pengukuhan Pengurus IPHI Kab. Lumajang periode 2022 – 2027, jumat ( 25/02/2022) kepada media  menyampaiakan pandangan terkait apa yang disampaikan Menteri Agama RI.

Muhammad Muslim  berpesan  agar masyarakat tidak terpancing dan perlu difahami bahwa tidak ada pelarangan tetapi yang ada pembatasan dan itu sudah dilakukan bertahun-tahun.

“ jika ada yang membanding adzan dengan anjing itu upaya mengiring  oponi, sebenarnya itu narasi yang terputus maka perlu milhat vidio secara utuh “

Beliau berharap  masyarakat agar bijak dan melihat video tersebut secara utuh agar tidak menimbulkan opini publik yang jelek dimasyaraka dan tidak menimbul arti-arti diluar apa yang disampaikan Menteri Agama.

Lebih lanjut bahwa apa yang disampaikan menteri agama untuk kebaikan berbangsa dan bernegara dan upaya kankemenag lumajang telah memanggil penyuluhuntuk mensosialisasikan sesuai dengan petunjuk menteri Agama.

 

Seiring dengan apa yang di sampaikan kepala Kankemeng, Ketua MUI kab. Lumajang KH. Ahmad Hanif menyampaikan bahwa apa yang disampaikan menteri agama untuk  kemaslahatan umat.memang didalam melaksanakan aturan terkadang tidak sama dan perlu disempurnakan dan pengaturan ini bukan untuk satu kelompok tetapi untuk semua.

Lebih lanjut KH Ahamad Hanif menyampaikan MUI akan melakukan sosialisasi SE Menteri Agama no. 5 tahun 2022  tersebut  sehingga  masyarakat bisa memahami bahwa ini bukan pengekangan tetapi pengaturan yang berintikan kemaslahatan umat.

  • Sabtu, 26 Februari 2022 - 22:18:28 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya