Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kabupaten Lumajang Gelar Tes IVA dan Sadanis Gratis

  • Kamis, 11 Agustus 2022 - 08:02:34 WIB
  • Administrator
Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kabupaten Lumajang Gelar Tes IVA dan Sadanis Gratis

Lumajang (Humas)_Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Kabupaten Lumajang menggelar Tes Inspeksi Visual Asam (IVA) dan Sadanis Gratis yang bertempat di Puskesmas Rogotrunan Lumajang berjalan lancar. Seremonial pembukaan berlangsung secara daring pada 10 Agustus 2022, pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh belasan penyelenggara tes IVA dan Sadanis.

Ibu ketua Dharma Wanita Persatuan Kantor wilayah Kementerian Agama Jawa Timur melaporkan pada zoom meeting tadi bahwa peserta Tes IVA dan sadanis Gratis di Jawa Timur adalah peserta terbanyak yang berjumlah sekitar 3.500 peserta. 

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ibu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang yang juga ikut andil dalam penyelenggaraan Tes IVA dan sadanis ini, selain ibu kepala kegiatan ini juga dihadiri oleh 32 peserta tes. 

“Antusias dan respons dari anggota Dharma Wanita di Lumajang sangat bagus, kegiatan ini berjalan dengan baik berkat kerja sama yang dijalin antara Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lumajang, Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang ” Ujar ibu Hanif selaku penyelenggara sekaligus peserta Tes IVA dan Sadanis gratis

Tes IVA dan Sadanis adalah pemeriksaan pada serviks dan payudara oleh tenaga kesehatan yang terlatih. Tes IVA dan Sadanis bertujuan untuk menemukan benjolan dan tanda-tanda lain pada serviks dan payudara sedini mungkin agar dapat dilakukan tindakan secepatnya, karena dengan mengetahui hasil IVA Test maka kanker serviks dapat dicegah.

Ibu Hanif juga menyatakan bahwa hasil tes IVA dan Sadanis tadi pagi tidak ada masalah pada kesehatannya sehingga seluruh peserta dinyatakan sehat dan termotivasi untuk terus mempertahankan kesehatannya dengan cara menjaga pola makan, olahraga dan semangat. 
“Ibu adalah mesin atau menjadi jantungnya rumah tangga, karena pengaruh ibu sangat besar bagi rumah tangga, ketika seorang ibu sehat maka rumah tangga itu akan berjalan lancar.” Ujar ibu berbaju putih itu lagi.

Seperti diketahui, kanker serviks adalah jenis kanker yang dapat dicegah, dilakukan dengan sederhana dan dapat dilakukan di Puskesmas. Untuk deteksi dini kanker payudara melalui Sadanis dapat ditunjang dengan Peralatan Mammografi dan USG. Dilaksanakannya pemeriksaan deteksi dini melalui tes IVA dan Sadanis diharapkan dapat terwujudnya wanita Indonesia sehat bebas Kanker. (IJ/IA)

  • Kamis, 11 Agustus 2022 - 08:02:34 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya